Obat Tradisional | Obat Herbal Blog Informasi

Obat Tradisional | Obat Herbal Berguna dan Bermanfaat Untuk Kesehatan Anda

Jenis Obat Tradisional dan Herbal

1 Komentar

Seiring dengan perkembangan ilmu peengetahuan dan teknologi telekomunikasi banyak  obat tradisional yang muncul dan berkembang di masyarakat.  Pada awalnya orang mengenal jamu-jamuan hanya dari tanah Jawa saja, tetapi saat ini masyarakat mulai mengenal jamu-jamuan dan tanaman obat dari pulau-pulau lain. Dengan semakin banyak nya tanaman obat herbal yang ada di  Indonesia membuktikan bahwa bumi kita kaya dengan beragam tanaman berkhasiat untuk membantu pengobatan berbagai macam penyakit baik yang ringan maupun yang berat. Semakin majunya zaman maka semakin kritis nya masyarakat dalam memilih dan melakukan pengobatan tidak terkecuali dengan penggunaan tanaman obat tradisional. Obat tradisional diperlukan masyarakat untuk memelihara kesehatan, memulihkan dan mengobati gangguan kesehatan yang ada saat ini. Menurut definisi yang ada Obat tradisional dapat didefinisikan sebagai bahan atau ramuan yang terbuat dari tumbuhan, hewan, mineral, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut yang diolah secara tradisional dan telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan.

Sekarang ini banyak beredar pengobatan tradisional yang ada dimasyarakat, bentuk yang paling saat ini sedang naik daun adalah dengan menggunakan herbal (tanaman obat). Obat tradisional seperti herbal   dapat dikeleompokkan menjadi 3 macam:

  1.  Jamu-Jamuan, adalah Obat bahan alam yang sediaannya masih berupa simplisia sederhana. Khasiat dan keamanannya baru terbukti secara empiris secara turun-temurun. Bahan-bahan jamu umumnya berasal dari semua bagian tanaman, bukan hasil ekstraksi atau isolasi bahan aktifnya saja.
  2. Herbal terstandar, merupakan bentuk sediaan obat sudah berupa ekstrak dengan bahan dan proses pembuatan yang terstandarisasi. Herbal terstandar harus melewati uji praklinis seperti uji toksisitas (keamanan), kisaran dosis, farmokologi dimanik (manfaat), dan teratogenik (keamanan terhadap janin)
  3. Fitofarmaka, Merupakan herbal terstandar yang sudah melewati uji klinis (telah diujikan pada manusia).

Saat ini yang paling banyak ditemukan dipasaran adalah obat tradisional dalam bentuk jamu, jamu pun ada banyak bentuknya mulai dari ‘jamu gendong’ sampai dalam bentuk kapsul. Produk berupa jamu umumnya dibuat berdasarkan resep atau pengetahuan turun-temurun, jadi khasiatnya dibuktikan berdasarkan pengalaman dari para penggunanya selama puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun.

Saat ini, obat tradisional dan obat herbal semakin banyak diminati karena ketersediaan dan harganya yang terjangkau. Menurut beberapa penelitian obat tradisional tidak banyak menimbulkan efek samping, bahkan ada yang tidak menimbulkan efek samping sama sekali asalkan digunakan secara tepat dan sesuai dengan takaran yang ada. Sudah terbukti bahwa obat tradisional bermanfaat bagi kesehatan dan dalam rangka menjaga kebugaran tubuh.

1 thoughts on “Jenis Obat Tradisional dan Herbal

  1. Ping-balik: Seputar Obat Tradisional Indonesia « Blog Mengenai Obat Tradisional dan Obat Herbal

Tinggalkan komentar